STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STTPA) PAUD K13 USIA 4-5 TAHUN
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
I.
NILAI-NILAI
AGAMA DAN MORAL
1.
Mengetahui agama yang
dianutnya
2.
Meniru gerakan
beribadah dengan urutan yang benar
3.
Mengucapkan doa sebelum
dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal perilaku
baik/sopan dan buruk
5.
Membiasakan diri
berperilaku baik
6.
Mengucapkan salam dan
membalas salam
II. FISIK
MOTORIK
A. Motorik
Kasar
1.
Menirukan gerakan
binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan gerakan
menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan gerakan
melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar sesuatu secara
terarah
5.
Menangkap sesuatu
secara tepat
6.
Melakukan gerakan
antisipasi
7.
Menendang sesuatu
secara terarah
8.
Memanfaatkan alat
permainan di luar kelas
B. Motorik
Halus
1.
Membuat garis vertikal,
horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.
Menjiplak bentuk
3.
Mengkoordinasikan mata
dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.
Melakukan gerakan
manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.
Mengekspresikan diri
dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol gerakan
tangan yang meggunakan otot halus
(menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
C. Kesehatan
dan Perilaku Keselamatan
1.
Berat badan sesuai
tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai
tingkat usia
3.
Berat badan sesuai
dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai
tingkat usia
5.
Menggunakan toilet
(penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami berbagai alarm
bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal rambu lalu
lintas yang ada di jalan
III. KOGNITIF
A. Belajar
dan Pemecahan Masalah
1.
Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan benda-benda
sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal konsep
sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram,
dsb)
4.
Mengetahui konsep
banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan sesuatu
sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.
Mengamati benda dan
gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal pola kegiatan
dan menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami
posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai
peserta didik/anak/teman)
B. Berpikir
Logis
1.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang
berpasangan dengan 2 variasi
4.
Mengenal pola (misal,
AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan benda
berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
C. Berpikir
Simbolik
1.
Membilang banyak benda
satu sampai sepuluh
2.
Mengenal konsep
bilangan
3.
Mengenal lambang
bilangan
4.
Mengenal lambang huruf
IV. BAHASA
A. Memahami
Bahasa
1.
Menyimak perkataan
orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti dua perintah
yang diberikan bersamaan
3.
Memahami cerita yang
dibacakan
4.
Mengenal perbendaharaan
kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar dan
membedakan bunyi- bunyian dalam Bahasa
Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
B. Mengungkapkan
Bahasa
1.
Mengulang kalimat
sederhana
2.
Bertanya dengan kalimat
yang benar
3.
Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan perasaan
dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek,
dsb)
5.
Menyebutkan kata-kata
yang dikenal
6.
Mengutarakan pendapat
kepada orang lain
7.
Menyatakan alasan
terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan kembali
cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi
dalam percakapan
C. Keaksaraan
1.
Mengenal simbol-simbol
2.
Mengenal suara–suara
hewan/benda yang ada di sekitarnya
3.
Membuat coretan yang
bermakna
4.
Meniru (menuliskan dan
mengucapkan) huruf A-Z
V. SOSIAL
EMOSIONAL
A. Kesadaran
Diri
1.
Menunjukkan sikap
mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan perasaan
3.
Menunjukkan rasa
percaya diri
4.
Memahami peraturan dan
disiplin
5.
Memiliki sikap gigih
(tidak mudah menyerah)
6.
Bangga terhadap hasil
karya sendiri
B. Rasa
Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
1.
Menjaga diri sendiri
dari lingkungannya
2.
Menghargai keunggulan
orang lain
3.
Mau berbagi, menolong,
dan membantu teman
C. Perilaku
Prososial
1.
Menunjukan antusiasme
dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai orang lain
4.
Menunjukkan rasa empati
VI. SENI
A. Anak
mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
1.
Senang mendengarkan
berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
B. Tertarik
dengan kegiatan seni
1.
Memilih jenis lagu yang
disukai
2.
Bernyanyi sendiri
3.
Menggunakan imajinasi
untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan peran
fantasi dan kenyataan
5.
Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar objek di
sekitarnya
8.
Membentuk berdasarkan
objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan sesuatu
(seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan
gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
Komentar
Posting Komentar