ANTARA PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN MASA PANDEMI

Banyak sekolah yang berjuang di masa pandemi guna melaksanakan pembelajaran guna mencerdaskan anak bangsa, disaat era teknologi kini yang semakin meningkat, banyak orangtua siswa, siswa dan pendidik yang mempunyai keluhan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis daring dalam pelaksanaan pembelajaran.














https://www.gurupenggerakindonesia.com

 

Pembelajaran Masa Pandemi

    Disaat pandemi pada yang bukan hanya melanda daerah ujung sumatra aceh, tetapi juga seluruh dunia diakhir tahun 2019 hingga kini tahun 2020 membawa berita duka amat mendalam terutama dalam dunia pendidikan. Aktivitas sekolah yang berjalan normal kini perlahan mulai tergantikan dengan teknologi. Pembelajaran dilakukan melalui tatap muka melalui daring atau pembelajaran melalui aplikasi secara online baik melalui zoom, webex, google class atau melalui aplikasi lainnya. Perubahan pembelajaran yang konvensional tersebut menjadi hambatan bagi beberapa orang yang secara nyata sangat mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru dan orangtua memiliki peran utama dalam terlangsungnya program pembelajaran daring guna melengkapi kebutuhan anak akan pendidikan. Namun, banyak kendala yang tidak bisa dihindari bagi beberapa daerah dalam pelaksanaan proses pembelajaran berbasis daring atau online.  Guru diharapkan mampu menggunakan filtur teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya siswa agar tercapainya pembelajaran yang menyueluruh agar dapat membimbing siswa dan orangtua agar merek teknologi. Namun, dikarenakan beberapa faktor terutama masalah pendidikan dan penguasaan ilmu teknologi menjadi faktor utama dalam pelaksanaan pembelajaran daring.         Banyak sekolah yang mengawali tahun akademik dengan pelaksanaan pendidikan berbasis luring dalam pelaksanaan pembelajaran dan juga hanya mengambil tugas dan lalu menyelesaikannya dirumah. Salah satu sekolah yang berdampak besar dalam pembelajaran yaitu Sekolah PAUD Al-Kamal bertempat di Jalan Keunaloi-Alue Gintong Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Dampak pandemi begitu sangat terasa menimbulkan banyak keluhan baik dari orangtua, siswa dan juga pendidik. Kekurangan akan teknologi dan juga masalah perekonomian dan banyak orangtua yang tidak memiliki fasilitas gawai, jaringan internet yang masih kurang menjadi kendala besar dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis daring. Para tenaga pendidikan juga mengalami kendala dalam merancang dan mendesain pembelajaran secara daring. Sebelum pandemi melanda, seperti kebanyakkan sekolah Paud lainnya, di sekolah melaksanakan aktivitas seperti biasa bertatap muka, melaksanakan senam pagi, bersalaman ketika masuk dan pulang sekolah, menyiapkan Kegiatan belajar mengajar sesuai tumbuh kembang anak, bermain bersama teman-teman, makan bersama, dan kegiatan lainnya yang berbasis kepada kinestetik anak.

"Antara Daring dan Luring"

    Setelah pandemi covid 19 muncul sekolah diliburkan selama beberapa bulan sehingga banyak orangtua atau wali siswa yang memprotes tentang masalah pendidikan anak, menyikapi keluhan tersebut sesuai dengan adanya ederan pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan belajar bisa dilaksanakan dengan luring asalkan memenuhi protokol kesehatan dan sesuai persetujuan dari orangtua atau wali siswa. Maka diambil keputusan guna melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka langsung dengan aturan semua siswa, orangtua dan guru wajib melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak. Siswa dibagi lagi dalam beberapa shif untuk belajar guna menciptkan ruang untuk siswa bisa belajar dengan menjaga jarak, pembelajaran dilaksanakan dengan beberapa jam saja dan tidak ada aktivitas lagi seperti salaman, bermain bersama dan berpelukkan. Hal ini dilaksanakan karena kurangnya pengetahuan dalam bidang teknologi dan masih banyak guru dan orangtua yang merasa terbebani jika dilaksanakan pembelajaran berbasis daring. Diharapkan kedepannya agar pemerintah senantiasa selalu membimbing para guru dalam bidang teknologi guna bisa memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Komentar

  1. Pemerintah lebih memperhatikan kondisi guru paud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bgmanapun fondasi dasar adalah paud, sd, smp

      Hapus
  2. Pemerataan Pembinaan terhadap guru PAUD agar menjadi prioritas pemerintah.

    BalasHapus
  3. Pandemik hanya bisa membuat pendidikan lebih tak ter arah karnA bnyak wali murid didaerah yg blm memiliki androeid dan jaringan pun masih susah...tapi banyk guru di daerah masih berjuang demi pendidiikan anak bangsa yg harus tetap jalan usaha dan carapun di tempuh oleh guru guru..berjuang penuh untk memenuhi tanggung jawab sebagai pengabdi negara demi mencerdaskan anak bangsa

    BalasHapus
  4. GURU TIDAK MEMBERIKAN KEMUDAHAN KEPADA SISWA ಥ‿ಥ

    BalasHapus
  5. Pembelajaran luring memili,i keunikan tertentu yg tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring
    Kunjungi: bit.ly/haloged

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer